10 Keunikan Bogor



Sebelum gw mulai posting ini kami segenap kru GokilWoke yaitu saya sendiri (lho?) mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2009" kepada semua Sahabat Blogger seluruh indonesia ;)

Hmmm ,apakah kalian pernah ke "Bogor" si Kota hujan? Hmmm ,gak apa - apa deh kalau belum pernah .Tapi kalau Orang Jakarta belum pernah ke Bogor itu keterlaluan namannya :D.Sekali sekali gw ingin mengenalkan tempat kelahiranku ini :z.Bukan cuma di ranjang ataupun dukun beranak doang ,Akan tetapi di Bogor.Bogor mempunyai berbagai keunikan yang tidak dipunyai kota - kota besar lainnya .Bogor sendiri sudah ada 526 tahun yang lalu ,tepatnya 3 Juni 1482 (tumben tau huehehehe :D) .Bogor sendiri bermula dari ibukota Kerajaan Pajajaran yaitu Pakwan / yang sekarang dikenal Pakuan .

Terus Apa donk Keunikannya ???
Berikut berbagai keunikan Bogor dari Ranking 10 sampai  1:

10.Delman

Hanyo...siapa yang kagak tau Delman angkat tangan.... , Kemana Aja Kau!? , huehehe :D ,Sebagai orang indonesia Kita sudah wajib kenal Delman .Delman ini banyak ditemukan di berbagai kota di Indonesia ,akan tetapi berbagai kota pasti punya ciri unik tersendiri... , seperti kalau di Jawa Tengah /Timur kita mengenalnya sebagai "Endong" . Delman di kota bogor sendiri memiliki keunikan , selain sering "Mangkal" di Kebun Raya Bogor Sampai BTM (Bogor Trade Mall) akhir - akhir ini sering terdapat diperumahan sebagai hiburan anak - anak kecil keliling komplek :) ,walau sekarang mulai kalah persaingan dengan Odong - Odong (Endong Vs Odong, huehehehe :D) .Konon nama Delman sendiri diambil nama pembuatnya yaitu "Charles Theodore Deeleman" . Delman kira - kira masuk ke Indonesia pada Jaman Hindia Belanda dahulu ,Mungkin dulu delman sekelas mobil "Jaguar" ya? :)

9.Asinan Bogor


Ah yang ini paling enak dimakan waktu panas - panas sambil dicocol - cocol pake kerupuk , makyos deh! :D.Makanan khas bogor ini tiada duanya di kota kota besar lain ,karena hanya di Bogor lah terdapat "Asinan Bogor" .Makanan terbuat dari kuah cuka cabai dicampur ,bengkuang,pepaya ,mangga,nanas,jambu air ,dan toge ini ,sering ditemui di gerobak - gerobak penjual kaki lima sepanjang jalan trotoar .Jadi kalau ke Bogor jangan lupa beli "Asinan Bogor " ya ;).

8.Becak


Inilah kendaraan idaman Pria Masa Kini (Hoek!?).Ya ,beca memang kendaraan yang juga ada di Bogor .Beca di Bogor memiliki keunikan karena sangat banyak ditemukan di sepanjang jalan (kecuali Jalan TOL :D) .Becak merupakan kendaraan yang ramah lingkungan dan sangat menyehatkan (Gak Percaya !?, coba anter saya dari Bogor Ke Bandung ,dijamin sehat! :D) .Becak juga kendaraan paling pemberani di Bogor ,tidak takut melawan Angkot ataupun Mobil - mobil lainnya . Walau sekarang becak dianggap kuno ataupun kurang modern saat ini ,akan tetapi becak juga merupakan transportasi yang sering digunakan dimana - mana ."Lumayan Bantuin Bawa Belanjaan ",menurut Sumber yang tak lain nenek gw :D

7.Gereja Zebaoth Bogor.

Maap "Mah" Kemaren kagak ke Gereja! , duh jangan tobat disini doang :D.Banyak orang - orang Bogor sendiri tidak tahu mengenai sejarah berdirinya Gereja ini .Gereja ini dahulunya disebut gereja ayam ,karena patung ayam di puncak menaranya terletak di lingkungan Istana Bogor yang dulunya merupakan tempat kediaman Gubernur Jenderal Belanda. Pada awalnya yang beribadah di Gereja Zebaoth hanyalah orang eropa, sedangkan bagi orang non eropa beribadah di gedung yang sekarang ini menjadi Kantor Pos Pusat Bogor. Gereja ini terdapat di Dekat Istana Bogor ini terdapat sebuah batu yang bertuliskan "Zend Uw Licht en Uw Waarheid Dat Die Mij Leiden Dat Zij Mij Brengen Tot Den Berg Uwer Heiligheid En Tot Uw Woningenn" yang artinya "Suruhlah terang-Mu dan kesetiaan-Mu datang, supaya aku dituntun dan dibawa ke gunung-Mu yang kudus dan ke tempat kediaman-Mu!" yang diletakan oleh Gubernur Jendral Belanda Ke -61 pada tanggal 30 Januari 1920 .Hanyo.... Ketauan kabur mulu dari Gereja :D.

6.Plaza Bogor

Waktu kecil saya sering kesini :D .Plaza Bogor terletak di Sukasari .Jantung kota Bogor ada disini .Banyak sekali para pedagang kaki lima disini ,yang membuat Bogor semakin semarak ;) .Di Plaza Bogor ini terdapat "Pasar Bunga" didepan "Klenteng Dewi Quan In " yang menjajakan berbagai bunga disini .Apalagi dibelakang Plaza bogor terdapat "Pasar Bogor" yang sangat ramai dikunjungi setiap harinya .Letaknyadidekat "Jalan Tol Jagorawi" ,"Kebun raya Bogor "  Membuat tempat ini sangat strategis untuk berbelanja .Mah! Ayo Ke plaza Bogor Lagi  :D.



5.Toge Goreng

Inilah makanan Termakyos di Bogor bagi gw ,Toge goreng juga makanan unik di Kota Bogor yang sering dijajakan dimana - mana .Ngomong - ngomong tentang Toge Goreng ,gw mempunyai sedikit cerita , Dahulu di kota Bogor terdapat penjual Toge Goreng yang sangat Melegenda Namanya ,Yaitu "Pak Gebro" .Toge Goreng Pak Gebro melegenda namanya karena Toge Goreng Enaknya ,konon Pak Gebrolah yang merintis atau mempopulerkan Toge Goreng ini sendiri sampai akhir hayatnya (Huaa Sedih banget deh!  :c) .Makanya sekarang gerai - gerai makanan Toge Goreng di Bogor  biasanya Dinamakan "Toge Goreng Gebro Saputra " karena banyak yang mengaku - ngaku sebagai ahli waris resepnya / putranya Pak Gebro (Mana yang asli?? :D)

4.Batu tulis Bogor

Banyak orang cuma sekedar lewat di Jalan Batu tulis Bogor , Tapi tetep aja blom sadar kalau disini itu ada sebuah prasti yang nongol ngintip - ngintip pengen diliatin :r ,ternyata prasasti ini terdapat disebuah rumah berukuran +/- 5 meter .Prasasti ini juga merupakan sejarah kota Bogor yang ribuan tahun lalu berada di tempat hening sepi dan berkabut (cocok buat pacaran :D) yang konon dikeramatkan orang - orang sekitar dan dianggap keramat karena diaanggap sebagai tahta sigasana Raja Pajajaran (Padahal disana itu kerajaan Tarumanegara lho!?) .Disana juga terdapat sebuah batu yang diangaap tapak kaki Prabu Surawesa , tapi anehnya begini : Kok batu bisa ada tapaknya ?? ,emangnya semen ??? :D.Memang itu merupakan hal percaya tidak percaya oleh warga setempat ;)

3.Taman Safari Bogor


Hanyo... ngaku yang rumahnya disini :D .Udah gak asing lagi kita denger "Taman Safari Indonesia " yang ada di Bogor ,Gak kalah deh sama Ragunannya Jakarta ;) .Kelebihan "Taman Safari Indonesia " yaitu dengan kendaraan kita bisa tour ke kandang - kandang binatang sambil memberi makan mereka ,tapi awas jangan kasih makan Macannya :D .Taman safari Indonesia ini juga terdapat tempat rekreasi yang cukup lengkap dan bagus .Apalagi dengan Kolam Renang yang ada disana ,"Dingin - dingin " asik juga berenang disana ;) .Sekarang Taman Safari hanya ada 2 yaitu di Bogor dan di Bali .Ayo - ayo Liburan Akhir Tahun jangan lupa kesana ;)

2.Curug Luhur


Air terjun ini memang sangat indah ! :) .Gw suka sekali jika pergi kesana bersama - sama keluarga .Curug Luhur memiliki 2 air terjun utama , seperti halnya curug nangka yang juga tidak jauh dari sana .Nuansa yang masih alami dengan pemandangan dan juga air pegunungan yang jernih memang sangat cocok buat piknik sekeluarga , apalagi dengan pacar ;).banyak juga monyet - monyet disini ,hehehehe :D .Pesan aja nih, kalau mau kasih makan monyet hati - hati Monyetnya suka galak wekekekekeke :D

Dan Inilah Yang Nomor 1!!!!!


Jreng Jreng Jreng !!!

1. Kebun Raya Bogor




Belum ke Bogor Rasanya kalau belom pernah ke "Kebun Raya Bogor " ini .Kebun raya bogor , merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan dalam negeri dan juga luar negeri .Ini juga dikarenakan banyaknya koleksi tumbuh-tumbuhan Cryptogamae, 25 spesies Gymnospermae, 51 spesies Monocotyledonae dan 2200 spesies Dicotyledonae (tauk tuh artinya apa :D) .Tapi yang paling menggemparkan dunia persilatan ,eh paling populer maksudnya yaitu ,Siapa lagi Selain Bunga Bangke (Bunga bangkai) yang tumbuh di sini .Bunga yang tingginya sampai 6 meter ini pernah ada di sini dan menjadi fenomenal .Kebun Raya Bogor juga cocok menjadi tempat piknik bersama keluarga , Disini juga ada monyet dan Kalong lho... .Sayang sekarang mereka sudah jarang terlihat , padahal dahulu setiap sorenya terlihat gerombolan Kalong/kelelawar datang ke Kebun Raya Bogor. 

Sebenarnya masih banyak lagi ,tapi gwe udah pegel nulisnya :) .Makanya kapan - kapan ayo ke Bogor ,nanti kusambut dengan Bogem, eh Dengan hangat ...... kikikikik :D

10 komentar:

zener_lie mengatakan...

untuk yang kesatu kebon raya bogor. itu tumbuhan apa ajah masa kasih nama latinnya ajah. btw emang ada monyet dan kalong? kok gue nda pernah ketemu yah? kalo disini mahhh yang gue suka kuburannya, jembatannya, sama istananya. hehehehehe

untuk yang kedua curug luhur. ajak2x gue dunk kalo mau pegi. tapi janjian dulu yah. belon pernah dan pengen photo2 dan narsis.

untuk makanan. bukannya yang terkenal itu roti unyil, ngoh yong (kalo nda salah). heheheheh

yang nomor 7. itu bukannya masih gereja? kok kantor pos. apa dual fungsi.

yang bagus lagi dari bogor. gedung keresidenan. udah pernah datengin belon?

oyah untuk lapangan yang seberang gedung indonesian biotechnology research institute for estate crops apa yah?????

terakhir yang paling membuat gue heboh di bogor. foto orang ngeden di kali ciliwung. hahahaha.

:s

Anonim mengatakan...

Waahh lengkap[ bangeet tuuh ngulas bogornya,.. tapi ko vilaku nggak keliatan ya???

Unknown mengatakan...

wuih,,

emm bogor.....
(gw mw ngomong apa y...)
:f

mak nyus pokoknya!!:x (gk nyambung!)


btw, dpt info bogor drmn nech??:)
kmu lair N besar di bogor??
pantesan kayak asinan!! hehe...:))

kapan2 Q diajak ya??hehe..:))

salam bogor!!!:D
(emang ada??)

Johanas mengatakan...

Gwe dapet Info tentang Bogor dari Saksi Hidup yang terpercaya yaitu nenek gwe ,wakakakakaka :))

Anonim mengatakan...

Boljug main ke Bogor euy. Toge goreng yang enak dimana nih??

Anonim mengatakan...

Belum lama ini, tepatnya kemarin sewaktu saya hendak kembali ke bandung. kebon raya saya lalui.. muacettt, pass puncak puadett..akhirnya?? cuapee dehh.. :)

Anonim mengatakan...

kota bogor bnyk kuniknya.ya...

Anonim mengatakan...

Bogor memang oke sob...

Cheers, frizzy2008.

Catatan Seorang Dara mengatakan...

Bogor yang keren, aku betah tinggal di sini...

Anonim mengatakan...

dingin sip :x

Posting Komentar